7 Tips Cara Mengelola Uang Dengan Bijak

Home > post > 7 Tips Cara Mengelola Uang Dengan Bijak

Maximus | 11-11-2021

7 Tips Cara Mengelola Uang Dengan Bijak

Edukasi keuangan dimulai dengan prinsip dasar pengelolaan sumber daya dan biaya. Jika Anda menggunakan pengetahuan ini dengan bijak, Anda akan dapat menabung untuk mencapai tujuan Anda dan tetap menghasilkan lebih banyak uang. Apakah Anda ingin mencapai level ini? Jadi, lihat 7+ tips di bawah ini!

1 Jangan membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan

Nasihat ini mungkin tampak sepele, tetapi menurut survei, lebih dari 70% orang memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatannya. Hasil? Utang dan utang lagi.

Ini karena banyak keluarga hidup dengan standar konsumsi yang lebih tinggi daripada yang dapat ditanggung oleh kantong mereka. Untuk mempertahankan status ini, mereka akhirnya melebih-lebihkan dalam mencicil, penggunaan kartu kredit, antara lain.

Jadi saran dasarnya adalah membuat daftar semua pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda dan menyusun anggaran. Langkah ini penting untuk mengamankan sumber daya untuk pengeluaran penting.

2 Buat tujuan atau sasaran keuangan

Tujuan berfungsi sebagai semacam motivasi dan memaksa Anda untuk hidup tidak hanya di masa sekarang, tetapi juga untuk berpikir ke depan dan menyelamatkan. Tujuan-tujuan ini harus memiliki batas waktu. Jadi ambil selembar kertas dan buat daftar semua tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang Anda. Tentukan berapa banyak yang akan dibutuhkan dan pengeluaran apa yang perlu dipotong untuk melakukannya.

3 Tetapkan batas untuk biaya variabel

Sangat mudah untuk menganggarkan biaya tetap, karena kita sudah tahu persis berapa biaya per bulannya. Tetapi biaya variabel bisa sangat beragam, kecil, dan bahkan tidak perlu. Namun, ketika Anda menambahkannya, mereka dapat membuat lubang besar dalam keuangan Anda. Kemudian tetapkan batas dan awasi sepanjang bulan. Jika mencapai nilai yang ditentukan, gunakan rem.

4 Beli Tunai

Pembelian sangat menguntungkan untuk dinegosiasikan dengan harga yang lebih baik. Plus, mereka menjaga anggaran bulanan Anda agar tidak membengkak dengan lebih banyak biaya angsuran. Dengan begitu, Anda tidak akan menghabiskan lebih dari yang sebenarnya Anda hasilkan.

5 Gunakan teknologi untuk mengelola keuangan Anda

Mengelola begitu banyak angka dan catatan dengan pensil dan kertas bisa menjadi tantangan besar. Bahkan dengan spreadsheet, mungkin perlu banyak penyiapan. Dalam hal ini, aplikasi keuangan sangat berguna.

6 Hemat uang untuk berinvestasi

Berinvestasi adalah langkah di luar tabungan. Mereka penting agar uang Anda bernilai. Jadi, kenali jenis investasi utama. Anda mungkin ingin memulai dengan Pendapatan Tetap. Kemudian cari alternatif yang lebih berisiko, tetapi dengan imbal hasil yang baik, seperti saham. Idealnya, Anda harus menyisihkan sekitar 10% dari uang bersih yang Anda peroleh untuk diinvestasikan.

7 Investasikan kembali semua pendapatan

Uang Anda sangat berharga. Apa yang harus dilakukan dengan pendapatan? investasikan kembali! Idenya adalah untuk membangun aset yang berkelanjutan, dengan pengembalian masa depan yang lebih tinggi dan stabilitas keuangan yang terjamin, jauh melampaui apa yang dapat disediakan oleh jaminan sosial.

Dan Hati-hati dengan Kartu Kredit

Kartu kredit dianggap oleh banyak orang sebagai penjahat utama. Bila digunakan dengan hati-hati, fitur ini bisa sangat strategis. Tapi lihatlah kartu itu sebagai jenis pinjaman. Saat Anda menggunakannya, Anda terkena hutang yang harus dibayar nanti, ditambah bunga kartu. Juga ingat bahwa suku bunga ini sangat tinggi; Anda dapat membayar harga tinggi untuk menyalahgunakan mereka.

Cara terbaik untuk mengelola uang dengan bijak adalah dengan belajar keuangan, tetapi itu membutuhkan banyak keterampilan dan pengetahuan. Amalan utama yang kami bagikan di sini. Kami berharap dengan menerapkannya, Anda dapat menjaga kehidupan finansial yang sehat dan sejahtera.

Share: Facebook Twitter

UP