Mengenal Apa Itu Static Site Generator

|

Mengenal Apa Itu Static Site Generator

Belajar membuat webiste dengan Static Site Generator. Apa sih itu Static Site Generator atau yang biasa di singkat dengan SSG?

Apa itu static site generator

Static Site Generator adalah sebuah Tools untuk membantu kita membangun sebuah website yang ringan, cepat dan mudah dengan kombinasi file Stiatis berupa html, css, javascript, img dan file lainnya.

Membangun Website menggunakan SSG itu sebenarnya lebih mudah dibandingkan membangun website dengan CMS (Content Manajemen System) asalkan kita sudah belajar bahasa pemprograman dan juga mengerti cara kerja sebuah website.

static site generator tidak memerlukan backend ataupun database seperti MySQL, MangoDB dan database lainnya sehingga membuatnya menjadi lebih ringan dan cepat saat di akses.

Apa manfaat Membuat website dengan SSG

sebelum membangun website dengan menggunakan SSG, lebih baik anda mengetahui manfaatnya dulu, agar anda bersemangat untuk membangunnya dan mencoba fitur apa saja yang ada pada SSG ini. Berikut Manfaat dari SSG (static site generator).

Membuat Konten lebih mudah

berbeda dengan CMS, dimana anda harus mengupload dan mengeditnya langsung di cms tersebut. Sedangkan di SSG anda hanya perlu membuat Asset untuk setiap file, dan mengedit konten tersebut di aplikasi editor mana saja yang anda sukai, atau anda bisa langsung mengeditnya di Github atau Gitlab.

Lebih Cepat

Kenapa lebih Cepat? Karena ia dibangun tanpa menggunakan aplikasi databace seperti MySQL, Mangodb dll. Di SSG ini konten yang dibuat secara Statis, tapa memerlukan “Request” ke backend(Database).

Lebih Aman

Untuk saat ini SSG Merupakan Aplikasi pembuatan website yang paling aman dibandingkan dengan menggunakan CMS seperti Wordpress, joomla, dll.

Biaya Hosting yang lebih murah

dibandingkan dengan menggunakan CMS, SSG lebih sedikit menggunakan resource, baik dari segi disk, ram, core, dll. sehingga hosting/vps dengan space paling kecilpun anda tetap bisa membuat website yang stabil.

Kekurangan static site generator

Kekurangan dari SSG ini ialah anda harus menggunakan Aplikasi Editor dan harus menguasai beberapa bahasa markup seperti html dan markdown. Dan juga anda diharuskan membaca dan memahami setiap framework ssg yang anda gunakan. Karena setiap framework ada aturannya masing masing.

Website yang cocok untuk SSG

Sebenarnya apapun website yang ingin anda bangun bisa menggunakan SSG ini, hanya saja untuk Webite Komersil seperti seperti Toko Online atau forum, anda akan sangat sulit membangunnya dikarenakan SSG ini tidak menggunakan Backand (Aplikasi Database). SSG ini sangat cocok untuk website Blog, Portofolio dan Landing Page.

Daftar Framework SSG

  1. Gatsby
  2. Next.js
  3. Gridsome
  4. Nuxt.js
  5. 11ty
  6. Hugo
  7. Jekyll
  8. Scully
  9. Sculpin
  10. Sapper

Setiap Framework SSG dibangun menggunakan bahasa Pemrograman yang berbeda beda seperti Hugo dengan bahasa GO, Jekyll dengan Bahasa Ruby, Sculpin dengan bahasa PHP dan bahasa lainnya.

Jika anda tertarik membuat website dengan SSG, silahkan pilih salah 1 nya saja ya agar anda bisa fokus.