Cara Menambah Domain Ke Hosting Yang Sama

ِبِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

mulailah membaca artikelnya dengan membaca bismillah, semoga kita mendapatkan manfaat dari blog ini aamiin.

|

Cara Menambah Domain Ke Hosting Yang Sama

Cara menambah banyak domain ke hosting yang sama - Anda mempunyai banyak domain, namun cuma memiliki 1 hosting. tidak masalah.. anda bisa memanfaatkan 1 hosting tersebut untuk di hubungkan ke banyak Domain.. Dengan syarat Hosting anda tersebut memiliki Stabilitas dan spek yang tinggi tentunya.

Cara menambah domain ke hosting

Pertama, Untuk menambahkan domain anda ke hosting, terlebih dahulu arahkan atau ubah nameservers domain anda ke nameserver hosting.

ini perlu dilakukan agar tidak terjadi downtime dan Propagasi. untuk lebih jelasnya baca : Cara Migrasi Website Tanpa Downtime Dan Propagasi.

Login ke Privider domain anda. masuk ke client area » Domain » klik manage Nameservers » ganti nameservers ke nameserver hosting.

Contoh nameserver

ns1.nameserverhosting.com
ns2.nameserverhosting.com

Kedua, Login ke Hosting anda dengan masuk ke client area » masuk ke Cpanel » klik Domain » Addon Domain.

Pada bagian Domain, Klik Addon Domain » isi domain yang ingin anda tambahkan beserta nama dan eksistensi domain tersebut. contoh tirinfo.com.

Isikan data-data berikut

  • New Domain Name: ( nama domain baru anda )
  • Subdomain/Ftp Username: ( secara otomatis akan membuat sebuah sub domain dan user untuk akses FTP )
  • Document Root: ( posisi file website baru anda )
  • Password: ( password untuk akses ftp domain baru anda, jika tidak perlu bisa gunakan autogenerated)

Setelah itu anda bisa klik Create.

Jika sudah berhasil Create Addon Domain, selanjutnya Silahkan tunggu maksimal 72 jam untuk propagasi DNS, dan domain anda siap di gunakan.

Setelah menambah domain ke hosting, selanjutnya anda tinggal membuat CMS yang akan di gunakan di domain tersebut. Contohnya saya membuat cms wordpress pada domain yang baru di tambahkan.

install wordpress di hosting

Pada Bagian Cpanel » Software » wordpress manager by Softaculaus atau Softaculaus Apps Installer » Klik install WordPress » Install now.

Kemudian Isi Judul atau nama Domain, dan hapus wp agar halaman defaultnya langsung menuju ke root domain, kemudian klik install.

Setelah berhasil install cms wordpress anda akan di tujukan langsung ke halaman website anda dan ke halaman wp-admin.

Catatan :

Jika anda ingin meng-edit file pada domain yang baru anda tambahkan, File nya ada pada Cpanel » File manager » namadomain.com.

Ingat ya bukan pada public_html tapi dari domain yang baru anda tambahkan..

Disitu anda bisa meng-edit dari Plugin, thema hingga settingan file lainnya.

Setelah berhasil menambah Domain baru ke hostinga dan membuat cms wordpress di hosting untuk domain yang baru, selanjutnya anda harus menginstall Thame, plugin dan membuat konten dan mensubmitnya ke banyak mesin pencari seperti google, bing dan lainnya.