Read : 8 minutes. 30 November 2022
Tags: Windows

Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot dan Lambat Di Laptop

Sangat mudah, begini cara mengatasi Laptop lemot dan lamban di Windows 10 pada laptop.

Pahami Dulu penyeban leptop kamu lamban dan lemot.

Penyebab Windows 10 lemot dan lamban

  1. Terlalu banyak Aplikasi yang di install
  2. Terlalu banyak Program yang berjalan di balik layar
  3. Masih menggunakan Harddisk dan Prosesor pentium / masih menggunakan hardwere yang jadul
  4. Terlalu banyak Log/update file dari aplikasi dan windows yang belum di bersihkan
  5. Jarang di bersihkan sehingga banyak debu yang menempel di dalam motherboard yang menyebabkan prosesor menjadi cepat panas sehingga membuat windows menjadi lamban dan lelet.

Terlalu banyak aplikasi yang di install

Salah satu faktor yang membuat windows 10 kamu menjadi lambat dan lemot adalah aplikasi yang di install terlalu banyak, sehingga banyak memakan resource ram dan cpu. Bila kamu menggunakan Laptop yang masih menggunakan ram 2gb dan prosesor pentium 4gb maka aplikasi yang di install terlalu banyak akan memakan resource ram dan cpu yang tidak bisa di bawah kuantitasnya. ini akan membuat windows 10 kamu menjadi sangat lamban dan lelet.

Terlalu banyak Program yang berjalan di balik layar

Kamu tentu pernah atau sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan seperti membuka google chrome dengan beberapa tab, membuka media player, dan membuka Aplikasi Office seperti microsoft word. nah aplikasi tersebut tentu memakan banyak ram dan cpu. tanpa kamu sadari saat kamu membuka aplikasi tersebut secara bersaaan tanpa menutup salah satu aplikasi, itu akan membuat windows 10 kamu menjadi lambat dan lemot.

Masih menggunakan Harddisk dan Prosesor keluaran lama atau masih menggunakan hardwere yang jadul

Dengan perkembangan teknologi, maka banyak keluaran Laptop dengan model terbaru yang diikuti dengan meningkatnya performa baik dari segi hardware mapun sofeware. Namun jika kamu masih menggunakan Laptop keluaran di bawah tahun 2010 atau masih menggunakan laptop jadul. Bisa dipastikan Windows 10 tidak begitu support dengan laptop kamu tersebut, sehingga jika kamu paksakan untuk install dan menggunakan windows 10, itu akan membuat windows 10 kamu menjadi lambat dan lemot di laptop jadul tersebut.

Terlalu banyak Log/update file dari aplikasi dan windows yang belum di bersihkan

Windows 10 memiliki banyak fitur, salah satunya adanya Update terbaru yang bisa di download di website windows update. Namun jika kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut akan membuat log file yang bisa di download dari website windows update. Secara Default windows update berjalan di belakang layar, sehingga setiap kali kamu terkoneksi ke internet atau wifi, windows 10 akan melakukan update. windows update ini berguna untuk meningkatkan performa dan juga security windows 10. di balik kelebihan windows update tersebut, kamu akan tentu ada kekurangannya yaitu akan menghasilkan banyak log file dari update windows tersebut dan juga menghabiskan banyak paket internet bila kamu menggunakan paket internet yang terbatas.

Jarang di bersihkan sehingga banyak debu yang menempel di dalam motherboard yang menyebabkan prosesor menjadi cepat panas sehingga membuat windows menjadi lamban dan lelet

Kamu sering menghidupkan dan menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama bukan, apalagi bila laptop kamu digunakan di tempat yang kotor dan berdebu, itu bisa menyebabkan hardware laptop menjadi kotor dan berdebu sehingga menyebabkan laptop menjadi cepat panas. bukan hanya itu menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat pasta pada prosesor menjadi kering, ini salah satu penyebab prosesor lapto menjadi cepat panas dan laptop menjadi lambat dan lelet.

Windows 10 dan windows 11 merupakan Sistem operasi yang paling populer dan banyak di gunakan di seluruh dunia. Hampir semua merek laptop dan komputer menggunakan sistem operasi windows 10 dari Microsoft.

Setelah mengetahui penyebab windows 10 lamban dan lemot, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut dibawah ini.

Cara mengatasi Laptop lemot dan lamban di Windows 10

Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot lambat atau Lamban Di Laptop 100% Berhasil dengan mudah dan gampang. Windows 10 menjadi cepat, kencang, stabil dan anti lelet.

  1. Hapus Aplikasi yang tidak penting dan cukup install aplikasi yang menurut kamu penting saja
  2. Biasakan untuk tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dan tutup aplikasi yang tidak digunakan
  3. Ganti Laptop kamu dengan Laptop terbaru yang sudah support windows 10 dan menggunakan hardware keluaran terbaru
  4. Bersihkan file/log yang tidak berguna di laptop kamu, bila perlu non aktifkan windows update
  5. Bersihkan laptop kamu dari debu dan kotoran yang menempel, bila perlu bongkar laptop kamu agar bisa di bersihkan lebih mudah

Hapus Aplikasi yang tidak penting dan cukup install aplikasi yang menurut kamu penting saja

Windows 10 memiliki banyak aplikasi yang bisa di install, namun sebaiknya aplikasi yang dirasa penting saja yang di install. Aplikasi game, editing dan aplikasi yang jarang kamu gunakan sebaiknya jangan di install. dengan begitu Windows 10 kamu akan menjadi lebih kencang dan tidak lemot lagi.

Khusus untuk Anda yang laptopnya lemot meski menggunakan windows terbaru, berikut ini cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang mudah

Sistem operasi Windows 10 yang dirilis oleh Microsoft Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi yang banyak digunakan karena hadir dengan berbagai fitur baru yang lebih nyaman untuk digunakan. Meskipun hadir dengan sistem yang cukup update, namun masih banyak pengguna windows 10 yang mengeluhkan laptop-nya menjadi lebih lemot. Sebenarnya hal tersebut bukan 100 persen salah dari sistem operasinya. Bisa saja karena laptop tersebut sudah terlalu tua atau ada virus di sana. Sebagai solusi ada beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 dengan mudah yang bisa Anda coba. Berikut ini penjelasan lengkapnya. Cara Mengatasi Laptop Lemot Khusus untuk Windows 10

A. Hapus/Uninstall program tidak penting di laptop windows 10

Salah satu penyebab laptop windows 10 menjadi lemot karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Oleh karena itu instal aplikasi yang diperlukan agar laptop kembali normal. Gunakan ram dan harddisk hanya untuk penggunaan yang penting saja.

B. Hapus file pada folder temp secara teratur

File yang ada di folder temp merupakan hasil dari ekstrak aplikasi dan log history. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa di dalam windows 10 nya terdapat banyak file temp Log history yang tidak berguna. File temp ini biasanya akan tersimpan otomatis, dan jika tidak teratur dihapus bisa menumpuk dan menyebabkan kapasitas harddisk pada laptop berkurang. Semakin banyak space harddisk yang digunakan maka semakin besar juga risiko laptop menjadi lemot. Untuk itu Anda bisa menghapus file tersebut secara berkala sebagai salah satu cara mangatasi laptop lemot windows 10.

Berikut ini cara untuk menghapus file temp tersebut:

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, lalu enter.
  • Tekan tombol kombinasi CTRL + A.
  • Terakhir, klik Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut.

C. Membersihkan file pada folder prefetch

Selain folder temp, Anda juga harus teratur menghapus file-file yang ada di folder prefetch sebagai salah satu cara mengatasi laptop lemot. Untuk menghapus file yang ada di folder ini.abs

cara mudah menghapus file dalam folder Prefetch:

  • Klik Windows + R.
  • Lalu ketik prefetch dan enter.
  • Jika Anda menjumpai ijin administrator, klik OK.
  • Kemudian hapus seluruh file yang ada di folder tersebut agar laptop tidak lemot.

D. Non Aktifkan aplikasi di startup windows

Aplikasi yang kamu install biasanya secara otomatis aktif di belakang layar saat laptop dihidupkan. Hal ini bisa juga menyebabkan leptop menjadi lambat dan lemot, apalagi jika aplikasi ini ada banyak.

Berikut Cara Menonaktifkan aplikasi yang Startup saat windows 10 di nyalakan:

  • Tekan tombol kombinasi Windows + R.
  • Kemudian ketik msconfig, lalu enter.
  • Setelah list aplikasi muncul, anda bisa langsung disable program yang tidak penting.

E. Mematikan visual effect

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan mematikan visual effect yang tidak perlu di laptop windows 10. Cara untuk mematikannya tidaklah sulit.

Berikut cara Mematikan visual effect:

  • Buka menu windows explorer.
  • Klik kanan pada menu this PC kemudian pilih properties.
  • Pilih Advanced system settings dan pada bagian performance, anda bisa pilih setting.
  • Ubah pilihan menjadi custom.
  • Pilih visual effect yang anda ingin gunakan.
  • Pastikan memilih yang tidak membuat laptop anda berat dan lemot.

F. Menghapus backup windows update

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 selanjutnya yakni dengan menghapus backup dari windows update yang anda gunakan. File backup tersebut sudah tidak diperlukan lagi dan jika dibiarkan menumpuk bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk menghapus file bakcup tersebut anda bisa menggunakan cara berikut ini:

Cara menghapus file backup windows update:

  • Ketik disk cleanup pada kolom search di windows 10 yang anda gunakan.
  • Pilih drive yang akan di analisis, misalnya locak disk C.
  • Lalu klik oke dan tunggu sampai hasilnya muncul.
  • File yang akan anda hapus bisa diberi tanda ceklis dengan cara klik satu per satu file tersebut. Terakhir, klik OK.

Biasakan untuk tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dan tutup aplikasi yang tidak digunakan

Jika sebelumnya kamu suka membuka aplikasi secara bersamaan dan tidak menutupnya, sekarang kamu harus merubah kebiasaan itu. Tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan, dan buka aplikasi yang benar-benar penting saja. untuk memastikan aplikasi apa saja yang berjalan di belakang layar, kamu bisa klik kanan pada taskbar lalu pilih Task Manager, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu tutup secara paksa dengan klik kanan kemudian pilih End Task. Kamu juga harus menambah kapasitas ram kamu, misalkan ram kamu 2gb maka upgrade menjadi 4gb, 8gb atau 16 gb. ini akan meringankan windows 10 untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Ganti Laptop kamu dengan Laptop terbaru yang sudah support windows 10 dan menggunakan hardware keluaran terbaru

Jika kamu memiliki Uang yang cukup untuk membeli laptop terbaru, Solusi berikut ini merupakan solusi yang paling pas untuk kamu. dengan Mengganti Laptop kamu dengan keluaran terbaru yang sudah support windows 10. kamu akan merasakan performa dan kecepatan windows 10 yang lebih baik karena di dukung dengan hardware terbaru seperti prosesor i9, ram ddr 5, ssd nvme, vga ddr 5 dan banyak lagi.

Bersihkan file/log yang tidak berguna di laptop kamu, bila perlu non aktifkan windows update

Solusi selanjutnya yaitu dengan menginstall aplikasi pembersih seperti Ccleaner. Aplikasi Ccleaer ini bisa kamu gunakan untuk menghapus log/file sampah yan menumpuk di windows 10. Non aktifkan windows update juga bila perlu. Oh ia jika kamu ingin mendownload aplikasi Ccleaner bisa klik Ccleaner, kamu bisa pilih yang free atau yang premium.

Bersihkan laptop kamu dari debu dan kotoran yang menempel, bila perlu bongkar laptop kamu agar bisa di bersihkan lebih mudah

Penggunaan laptop dengan jangka waktu yang lama bisa membuat pasta pada prosesor kamu menjadi kering, solusinya kamu harus mengganti pastanya dengan yang baru. dengan mengganti pasta pada prosesor bisa membuat prosesor menjadi tidak panas dan membuat windows 10 menjadi kencang dan stabil. Jika kamu bisa membongkar laptop kamu, lebih baik kamu bersihkan debu yang menempel pada motherboard, ram, vga dan komponen lainnya yang ada pada laptop kamu. Solusi ini juga bisa membuat windows 10 menjadi kencang dan stabil.

Credit : windows 10, pilarteknotama

Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot dan Lambat Di Laptop