Tips Mengelola Uang Anda Seperti Seorang Profesional

Home > post > Tips Mengelola Uang Anda Seperti Seorang Profesional

Maximus | 11-11-2021

Tips Mengelola Uang Anda Seperti Seorang Profesional

Mengelola keuangan dengan baik merupakan tantangan bagi kebanyakan orang. Hal ini terutama karena kita tidak menerima pendidikan keuangan sejak usia dini, di sekolah atau melalui orang tua kita. Kita biasanya terlambat belajar menangani uang, setelah membuat terlalu banyak keputusan buruk.

Mengelola uang adalah praktik sehari-hari yang membutuhkan banyak disiplin dan pengetahuan diri. Kabar baiknya adalah bahwa mengubah kebiasaan finansial Anda sekarang dapat memberi Anda masa depan yang aman dan damai. tips berharga tentang mengelola uang Anda seperti seorang profesional

1 Keluar dari hutang

Keluar dari utang adalah langkah awal untuk mulai mengatur kehidupan finansial dan mengelola uang dengan baik. Pengeluaran untuk kartu kredit, bunga dan pinjaman pribadi harus dihindari dengan segala cara, karena bunga yang dikenakan oleh lembaga keuangan sangat tinggi.

Untuk menghindari hutang, ingatlah tujuan yang jelas dan jelas. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dalam beberapa tahun ke depan. Rumah itu sendiri? Perjalanan impian? Jadi mulailah menahan keinginan untuk mengambil hutang baru. Nasihat emasnya adalah melunasi utang secepat mungkin. Untuk melakukan ini, analisis tagihan Anda dan prioritaskan pembayaran utang dengan bunga tertinggi. Juga, atur pengeluaran dalam urutan prioritas: topik mana yang melibatkan layanan penting dalam hidup Anda dan mana yang dapat dipotong tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut? Para ahli lembaga keuangan merekomendasikan agar klien mereka menyimpan uang untuk dapat membayar jumlah cicilan utang terbesar secara tunai dan menegosiasikan kondisi pembayaran yang paling menguntungkan.

2 Memiliki cadangan keuangan

Cadangan, juga dikenal sebagai cadangan darurat, adalah jumlah yang disimpan secara eksklusif untuk digunakan dalam situasi darurat yang tidak terduga, seperti sakit, kehilangan pekerjaan, dan pekerjaan konstruksi yang mendesak. Jumlah ini harus dihitung berdasarkan pengeluaran bulanan Anda. Oleh karena itu, cadangan keuangan yang baik harus cukup untuk menutupi 6 sampai 12 bulan dari semua pengeluaran Anda dalam keadaan normal. Jumlah tabungan akan tergantung pada pengeluaran Anda dan risiko keuangan dari profesi atau pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda wiraswasta atau memulai bisnis, Anda perlu mengantisipasi krisis dan kesulitan keuangan, dan oleh karena itu cadangan darurat Anda harus lebih kuat.

3 Perawatan

Biarkan mereka yang tidak pernah membeli sesuatu yang tidak mereka butuhkan secara impulsif melemparkan batu pertama! Iming-iming konsumerisme menyebabkan kita selalu terpengaruh untuk membeli barang-barang yang sama sekali tidak berguna dan fana. Supermarket, toko, dan pusat perbelanjaan disusun sedemikian rupa sehingga konsumen membeli tanpa berpikir. Untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap ini, jangan pernah membeli tanpa banyak berpikir. Lakukan pemeriksaan hati nurani dan tanyakan pada diri sendiri:

Apakah saya benar-benar membutuhkan ini? Apakah saya akan dikenakan hutang baru ketika saya membeli produk ini? Apakah itu sepadan dengan profitabilitas merek? Apakah ada pilihan lain yang lebih murah? Bisakah saya menggunakan kembali objek apa pun yang sudah saya miliki untuk mencapai hasil yang sama? Jika Anda sampai pada kesimpulan bahwa pembelian produk atau kontrak layanan mutlak diperlukan, pastikan untuk meneliti harga dan, jika mungkin, minta diskon dan pilih pembayaran tunai.

4 Menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan

Salah satu alasan utama orang menghabiskan lebih dari yang mereka peroleh adalah keinginan untuk menjalani standar hidup yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pertahankan pendapatannya. Kerinduan akan status dan penampilan bahwa barang-barang mahal tampaknya menghasilkan utang yang meningkat yang akhirnya berubah menjadi bola salju yang sesungguhnya. Jadi sebelum Anda menginvestasikan sumber daya Anda untuk membeli mobil atau apartemen mewah di pantai, misalnya, pastikan pengeluaran untuk barang-barang tersebut tidak memengaruhi anggaran bulanan Anda secara tidak proporsional. Ingatlah bahwa gaji Anda harus menutupi pengeluaran yang tak terhitung banyaknya, dan kemewahan ini benar-benar habis.

5 Tetapkan tujuan dan sasaran keuangan

Mengelola uang Anda secara efisien bisa menjadi tugas yang sangat menyakitkan jika Anda tidak termotivasi untuk melakukannya. Lagi pula, kita didorong untuk hidup hanya di saat ini, membeli dan mengonsumsi barang-barang yang memungkinkan kita menikmati kesenangan sesaat. Namun, untuk mencapai impian yang lebih besar dan menikmati kedamaian finansial, Anda perlu mengesampingkan kesia-siaan dan fokus pada tujuan masa depan. Hanya dengan tujuan dan sasaran yang terdefinisi dengan baik akan memungkinkan untuk menghemat uang dan menuai hasilnya. Untuk melakukan ini, mulailah menuliskan di selembar kertas apa yang ingin Anda capai sebelum akhir tahun, dalam 5 dan 20 tahun ke depan dari sekarang. Ini akan menjadi tujuan jangka pendek, menengah dan panjang Anda. Setelah tujuan ditetapkan, mulailah menghitungnya:

Berapa biaya mimpi ini? Pengeluaran berlebihan apa yang dapat saya kurangi untuk menambahkan lebih banyak sumber daya? Melakukan latihan ini akan memfasilitasi perencanaan keuangan yang efektif dan menghindari godaan konsumen. Trennya adalah, sebelum membeli sesuatu, Anda harus memikirkan:

Apakah item ini bagian dari tujuan saya? Apakah saya akan lebih jauh dari mencapai impian saya jika saya menghabiskan uang ini sekarang?

6 Catat semua pengeluaran Anda

Apakah dia pernah merasa menghabiskan semua uangnya dan tidak tahu ke mana dia pergi? Pencetakan uang yang belum dibayar ini sangat umum dan terjadi pada hampir semua orang. Oleh karena itu, untuk mengatasi kurangnya kontrol atas penghasilan Anda, Anda harus terlebih dahulu melacak semua pengeluaran Anda, betapapun minimalnya. Biasakan mencatat semua pengeluaran Anda secara real time. Dengan begitu, di akhir bulan, Anda bisa memisahkan pengeluaran berdasarkan kategori dan menentukan apa kelemahan Anda. Sudah ada banyak aplikasi seluler yang merupakan sekutu hebat dalam misi ini, dan mereka bahkan membuat grafik yang menunjukkan di mana Anda menghabiskan uang paling banyak dalam sebulan.

7 Investasikan uang Anda

Langkah terakhir dan terpenting dalam mengelola uang seperti seorang profesional sejati dan cara terbaik adalah mengetahui cara menghemat sumber daya Anda sehingga mereka mempertahankan daya beli mereka dan bekerja untuk Anda. Ada yang memiliki persepsi bahwa menginvestasikan uang itu sulit dan terbatas pada investor dengan modal besar. Pemikiran ini membuat orang bersikeras menyimpan uang di rekening giro atau tabungan, dan pendapatan mereka lebih rendah dari inflasi.

Namun, mulai berinvestasi lebih mudah daripada kedengarannya. Dengan Internet, dimungkinkan untuk membeli aset dengan kondisi yang menarik dan menguntungkan dari kenyamanan rumah Anda. Lembaga keuangan menawarkan opsi untuk semua anggaran dan tujuan: ada aset untuk investor yang lebih konservatif, dengan uang lebih sedikit dan untuk mereka yang memiliki profil lebih berani dan yang menanggung risiko lebih besar.

Apakah Anda menikmati belajar bagaimana mengelola uang Anda untuk masa depan yang sejahtera dan damai? Kemudian pelajari lebih lanjut tentang investasi dengan mengikuti posting kami tentang jenis investasi.

Bagaimana Anda membuat uang Anda bekerja untuk Anda? Mempelajari cara menginvestasikan uang Anda dengan lebih baik dan membuat keputusan investasi yang tepat sesuai dengan rencana pribadi Anda adalah satu-satunya cara untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda dan mencapai semua tujuan keuangan Anda.

Share: Facebook Twitter

UP