Ukuran Logo yang Sempurna untuk berbagai media

Diposting pada

Hallo semua, Pada artikel ini kita membahas Ukuran Logo pada berbagai dimensi seperti pada website, Media sosial, Percetakan, pada berbagai kertas, pada produk yang dijual dan pada berbagai dimensi dan bidang.

Implementasi Logo pada berbagai Dimensi

Apakah Logo bisa di letakkan di berbagai dimensi?
Jawabannya Bisa, dengan Syarat yaitu merubah ukuran Logo ke berbagai dimensi dengan software.

Logo yang bisa diletakkan pada berbagai dimensi dan bidang merupakan Logo yang bagus untuk Media pemasaran dan membuatnya mudah untuk diingat dan dikenal.

Jika anda sudah mendesain sebuah logo dengan bagus selanjutnya yang harus anda perhatikan ukuran logo tersebut apa bisa diletakkan di berbagai dimensi dan bidang.

Anda mungkin sudah tahu betapa pentingnya sebuah Logo sebagai Brand, tapi mungkin anda belum tahu apakah logo tersebut bisa diletakkan di berbagai media dan dimensi.

Oleh sebab itu penting untuk mempelajari bagaimana ukuran Logo yang pas untuk diletakkan di berbagai media agar logo tersebut tidak buram, tidak jelas ataupun tidak muat di media atau dimensi tertentu.

Aturan pada Ukuran Logo

agar logo anda bisa digunakan diberbagai medai, penting memahami aturan yang tepat untuk ukuran logo yang harus dipilih.

Ukuran Dimensi Logo

Setiap gambar memiliki ukuran termasuk logo. Logo diukur dalam piksel, contohnya 500px X 500px yang artinya 500px lebar dan 500px tinggi.

Dan nilai yang disebutkan itu disebut sebagai dimensi Logo. Semakin besar ukuran Piksel, semakin jelas detail dan bagus kualitas logo.

Ukuran File Logo

Logo yang telah didesain disimpan dalam bentuk file pada komputer. File yang disimpan pada Komputer diukur dalam bentuk byte, Contohnya Logo anda berukuran 100kb(kilo-byte) atau 1mb(mega-byte).

Semakin besar ukuran piksel maka ukuran filepun ikut menjadi besar jika tidak di kompress.

2 Jenis File Logo yang disarankan yaitu PNG dan SVG :

Format PNG pada Logo

PNG adalah format file logo yang diukur dalam piksel. ini merupakan format yang optimal yang juga mendukung transparansi.

Ukuran file ini kecil jadi cocok untuk favicon, gambar sampul atau profil media sosial dan untuk website.

Format SVG pada Logo

SVG adalah format file logo vector yang tidak diukur dalam piksel. Jika tidak diukur dalam piksel, berapa ukuran sebenarnya? Jawabannya yaitu dalam bentuk ukuran apapun dalam artian ukurannya dapat dibuat dalam skala tanpa batas.

File vector ini sangat cocok untuk logo karena logo dapat di cetak di berbagai dimensi dari yang paling kecil seperti favicon dan kartu nama hingga yang paling besar seperti layar bioskop dan spanduk. File yang anda cetak di printer hasilnya tidak akan buram.

4 Jenis Background pada Logo

Logo Transparan

Logo transparan adalah Logo yang tidak ada latar belang. Jika anda ingin meletakkan Logo pada Favicon website sangat bagus menggunakan logo yang transparan. Bukan hanya itu jika anda ingin menyematkan logo pada spanduk, atau iklan sangat disarankan menggunakan logo yang transparat agar mengikuti backround yang sudah ada.

Logo Hitam Putih

Logo hitam putih adalah logo yang memiliki warna hitam dengan background berwarna putih. Logo hitam putih ini sangat berguna pada stuasi dimana warna tidak tersedia pada printer.

Logo berwarna

Logo berwarna adalah logo yang memiliki lebih dari 1 warna baik pada logo maupun pada background. Logo berwarna sangat cocok digunakan untuk media promosi karena bisa menarik minat banyak orang untuk melihat logo tersebut.

Logo Watermark

Logo Watermark adalah logo yang transparan dan sering berwarna hitam putih yang digunakan sebagai simbol hak cipta di atas gambar lainnya.

Anda akan sering melihat gambar yang disisipi logo pada saat membaca artikel atau berselancar diinternet. agar gambar tersebut tidak disalah gunakan atau digunakan untuk tujuan lainnya.

Baca juga :

Berikut Ukuran Logo yang pas untuk berbagai dimensi Gambar:

Ukuran Logo untuk Media Sosial

Di era digital ini, Media sosial merupakan Tempat yang sangat bagus untuk di jadikan tempat promosi Produk dan jasa. Banyak Sekali orang yang berinteraksi dan berbelanja lewat promosi yang di lakukan oleh para pebisnis di media sosial baik lewat Iklan maupun Fanpage yang mereka buat.

Ada banyak Media sosial di internet dan setiap platform media sosial memiliki aturan Ukuran dimensi gambar yang optimal untuk di share disana.

Oleh sebab itu tidak bisa menggunakan Ukuran gambar yang sama pada berbagai platform media sosial karena bisa membuat Logo anda terlihat buram dan tidak jelas.

Ukuran Dimensi Gambar pada berbagai Platform media Sosial:

Facebook:

Post link: 1200 x 628 px
Post gambar: 1200 x 630 px
Gambar sampul: 820 х 312 px
Gambar profil: 180 х 180 px

Twitter:

Post gambar: 1024 x 512 px
Gambar sampul: 1500 х 500 px
Gambar profil: 400 x 400 px

Instagram:

Post gambar: 1080 x 1080 px
Gambar profil: 180 x 180 px

YouTube:

Gambar thumbnail: 1280 x 720 px
Gambar sampul: 2560 x 1440 px
Gambar profil: 800 x 800 px

Pinterest:

Post gambar: 735 x 1102 px
Gambar profil: 240 x 240 px

LinkedIn:

Post link: 1200 х 628 px
Post gambar: 1200 x 1200 px
Gambar sampul: 1584 x 396 px
Gambar profil: 400 х 400 px

Ukuran Dimensi Gambar pada website:

Ukuran Logo yang Optimal pada website standarnya yaitu 250px(lebar) dan 100px(tinggi). Dan Untuk Layout paling banyak digunakan yaitu:

layout horisontal:

250px x 150px
350px x 75px
400px x 100px

layout vertikal:

160 px x 160 px

2 format file logo yang disarankan untuk website yaitu Format PNG dan JPEG. Kedua Format ini sangat cocok digunakan jika ingin menampilkan gambar yang berkualitas dengan ukuran file yang kecil.

Ukuran Favicon untuk website

Favicon adalah icon pixel paling kecil yang digunakan pada website atau bisa juga disebut logo yang dapat digunakan di bilah alamat website. Jadi pastikan bahwa logo yang anda buat bisa pada dimensi yang paling kecil yaitu tidak kurang dari 10px X 10px.

Ukuran Favicon yang umum digunakan pada website:

16px x 16px
32px x 32px
48px x 48px

Bila anda tidak menerapkan ukuran Logo yang sesuai seperti yang di atas baik itu ukuran pada media sosial maupun website. Jika Logo yang anda Upload berukuran misalnya 1024px X 1024px, sebagain besar platform media sosial dan situs web secara otomatis dapat merubah ukuran logo anda menjadi ukuran yang tepat.

Tetapi lebih baik anda sendiri yang merubahnya karena meskipun ukuran logo anda telah sesuai diubah secara otomatis, Logo anda akan terlihat tidak bagus dan sedikit buram.

Ukuran Logo untuk Percetakan

Untuk Logo yang ingin anda Cetak pada berbagai permukaan seperti pada kertas, kaca, Spanduk dan lainnya. ada banyak sekali ukuran yang bisa digunakan. Jadi disini kita bukan hanya melihat pada ukurannya saja tetapi format file yang digunakan pada logo tersebut.

Format logo terbaik yaitu menggunakan vector, kenapa vector dan bukan raster? karena pada logo vertor, baik seluruh bagian logo ataupun sebagian pada bagian logo mudah untuk di edit dan juga Kualitasnya tetap bagus meskipun diperbesar berulang kali. Format vector yang umum digunakan untuk Percepatkan yaitu PNG, PDF, SVG, dan EPS.

Untuk Ukuran Logo untuk percetakan kecil seperti pada kertas yaitu 500px atau lebih. Sedangkan Ukuran Logo untuk percetakan besar seperti pada Spanduk yaitu 1024px atau lebih.

Bagaimana Cara merubah Ukuran Logo?

Jawabannya yaitu dengan menggunakan software seperti Adobe ILlustrator , Adobe Photoshop atau software lainnya.

Jika Anda kesulitan dalam merubah ukuran Logo dengan Software, anda bisa menggunakan jasa para Freelancer desainer Logo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *